Cara Merawat Lensa Kontak Agar Senantiasa Aman Saat Digunakan

Membantu penglihatan jernih sekaligus tetap mempertunjukkan mata indah, maka gunakan lensa kontak sanggup jadi solusi. Namun berhati-hati terkecuali tidak dirawat bersama benar, justru sanggup berdampak tidak baik pada mata Anda.

Lensa kontak berfaedah sebagai pengganti kacamata. Lensa kontak bakal memudahkan dikala melaksanakan beraneka aktivitas, tanpa wajib mengkuatirkan kacamata yang bisa saja miliki risiko baret, pecah, patah atau hilang. Selain mendukung menyaksikan lebih jelas, lensa kontak termasuk tidak mengganggu penampilan.

Cara Merawat Lensa Kontak

Meski miliki banyak keistimewaan dari segi perawatan, lensa kontak butuh lebih banyak perhatian dibandingkan kacamata. Kondisi lensa kontak wajib tetap higienis sehingga tidak menimbulkan masalah kesegaran layaknya infeksi mata dan komplikasi penglihatan lainnya.

Meski tidak sanggup seutuhnya dihindari, Anda sanggup menahan terjadinya infeksi mata bersama cara-cara berikut.

Selalu cuci bersih dan keringkan tangan sebelum saat menempatkan atau melewatkan lensa kontak Anda.

Lepaskan lensa kontak sebelum saat mandi atau berenang. Usahakan sehingga lensa kontak Anda tidak terkena air.

Usahakan untuk tetap melewatkan lensa kontak sebelum saat tidur. Sangat tidak direkomendasi untuk mengenakan lensa kontak secara terus-menerus. Saat kita menutup mata bersama adanya lensa kontak yang tetap berada di didalam mata, kuantitas oksigen ke mata jadi menipis. Hal ini membuat permukaan mata jadi rentan mengalami infeksi. Selain itu, kuman yang tersedia di lensa bakal menempel di kornea sepanjang kita tidur.

Gunakan cairan pembersih tertentu yang direkomendasi dokter atau apotek untuk bersihkan dan merendam lensa kontak Anda. Jangan gunakan air atau cairan lainnya, gara-gara air laut, air kolam, bahkan air sulingan sekali pun, sanggup memiliki kandungan organisme acanthamoeba yang sanggup membuat mata mengalami infeksi.

Gosok bersama lembut sementara Anda bersihkan lensa kontak bersama gunakan cairan pembersih. Hati-hati sehingga tidak merobek lensa kontak.

Bersihkan lensa kontak usai digunakan dan kotak penyimpanan lensa kontak tiga bulan sekali sehingga tetap terjamin kebersihannya.

Jika Anda mengenakan lensa kontak sekali pakai, Anda tidak wajib membersihkannya gara-gara lensa ini tidak didesain untuk ulang digunakan. Jangan dulu gunakan lensa kontak sekali gunakan lebih dari sehari.

Penyakit yang Berisiko Timbul Akibat Lensa Kontak Kotor